Senin, 01 April 2013

long wikend at kiluan

akhir bulan maret di long weekend ini exciting bgt soalnya mau ngetrip ke teluk kiluan. teluk kiluan ini sudah jadi incaran saya sejak bebrapa bulan lalu semenjak ramai di media social (twitter) tapi ga jadi2, akhirnya ada teman yg ngajak trip langsung saja saya oke-in tanpa banyak mikir. (neh orng yg ngajak nita sm wulan) kita ga hanya bertiga tapi ber 16 n 98% cewe semua. xixixi
kamis malam kita janjian di plaza semanggi jam 22.00 tapi biasa ngaret deh sampe jam 23.00. perjalanan jakarta - merak ditempuh selama dua jam, iya dua jam tapi antri naik ke ferry hampir 4 jam, tiba di merak jam 01.00 dan baru bisa naik ferry jam 5.30 dan perjalanan ferry dari merak - bakaheuni selama 2,5 jam. lalu perjalanan dilanjutkan dr bakaheuni ke kota lampung selama 2 jam dengan kondisi jalan yg belum bagus. dari kota lampung ke teluk kiluan ditempuh selama 5 jam.
selama perjalanan ke teluk kiluan kita bisa mampir ke pantai klara, yg berlokasi di padang cermin, kita bisa sewa semacam gazebo, ada little kano juga.

setelah puas foto2 d pantai klara dilanjutkan perjalanan ke kiluan, akses jalan kesana lumayan membuat badan bergoyang goyang karena memang jalanannya kurang bagus (anggap saja seperti off road) diharuskan memakai mobil dlm kondisi yg fit (lebih enak pakai pajero, fortuner, land cruiser) xixixixi. karena memang kondisi jalan yg hancur. sebaiknya juga jalan pagi atau siang karena kalau jalan malam takut terjadi hal2 yg tidak diinginkan.
setelah sampai di teluk kiluan semuanya pasti akan terbayar offroad kita dengan pemandangan yg aduhai...., saya menginap di pulau kelapa jadi harus ada acara menyebrang selama +- 5 menit.
di pulau kelapa ini saya dan rombongan di pondokan yang baru saja selesai dibangun ada 4 pondok. sebelumnya ada sekitar 5 pondok. tapi ada juga yg mendirikan tenda alias camping. untuk toilet hanya ada 3 dan itu harus antri dan ada 1 sumur yg kalau mau mandi kita harus nimba (lumayan gedein otot), jgn harap mandi air tawar ya cuz airnya asin (lengket cyinn)
btw bw perbekalan yg banyak ya..ga ada warung soalnya, tp kalau cuma mau pesen indomie seh bisa (10 rb) aqua 1lt (7 rb) kelapa muda (5 rb). satu lagi tidak ada sinyal kalau mau ada sinyal harus jln ke pinggir pantai dan itipun byar pett, listrik juga terbatas jadi kita antri pd mau charge hp/gadget.
pagi tiba dan saatnya hunting dolphin, untuk hunting dolphin kita berangkat jam 6 pagi naik jukung, semacam kapal kecil yg berisi 3 penumpang dan satu nahkoda (halagh). pagi itu sekitar 150 jukung berlomba2 melihat dolphin di tengah laut, lucu karena semua bergerombol xixixixi.
setelah hunting kiluan kita bebas deh snorkling d pinggir pantai...yg dikelilingi oleh pegunungan dan pulau2 (amazing)
dan saatnya pulangg...... terbayang kita hrus offroad selama 4 jam dan perjalanan panjang menuju jakarta. (fuih)
perjalanan kali ini unforgetabble banget deh...n nyandu pengen kesini lagi tapi mikir dulu n berharap pemerintah lampung memperbaiki akses jln menuju kiluan. gonna miss this place so much